Gedung I Ketut Maria / Jalan-Jalan / Liburan / Pulau Bali / Wisata Kebudayaan Indonesia

Wisata Kebudayaan Indonesia Di Pulau Bali Gedung I Ketut Maria

Pulau Bali merupakan salah satu kepulauan di Indonesia yang unik dan menarik, dengan perpaduan alam yang indah serta adat istiadat kebudayaan yang masih tetap terjaga kelestariannya hingga kini. Untuk menjaga agar jangan sampai hilang ditelan masa dibuatlah gedung serba guna yang diberi nama Gedung I Ketut Maria yang terletak di Jalan Gunung Agung, Tabanan.

Gedung I Ketut Maria ini dibangun sebagai tanda penghormatan yang diberikan Pemerintah Tabanan dan masyarakat atas jasa-jasa seniman I Ketut Maria. Gedung ini dibuat sebagai pusat kegiatan kesenian khususnya tari-tarian kreasi. Di gedung ini sudah sekian kali digelar pentas seni dan lomba Tari Gebyar Duduk dan Tari Oleg Tamulilingan yang sudah terkenal yang sudah terkenal di mancanegara yang diciptakan oleh I ketut Maria  

I ketut Maria adalah seniman besar asal Tabanan, pada usia remaja I ketut Maria sudah dikenal masyarakat sekitar sebagai penari Sisya (dalam drama tari Calonarang) dan Gandrung (jenis tarian Joget yang dibawakan penari pria). Saat menginjak dewasa I ketut Maria mempesona penonton dengan pentas tari Jauk dan Topeng.

Dari penguasaan tari-tarian klasik Bali tersebut terciptalah tari-tarian kreasi baru yaitu Tari Tari Gebyar Duduk (1925) dan Tari Oleg Tamulilingan (1952), dari serangkain kunjungan pementasan dibeberapa negara, nama Maria pun menjadi terkenal. Penonton Amerika dan Eropa mengagumi tariannya lalu menjuluki Ketut Maria dengan sebutan The Great Mario. I ketut Maria yang meninggal tahun 1968 dalam usia 69 tahun, namun karyanya sampai saat ini masih lestari yang selalu dibawakan dalam pertunjukan pentas seni tari kreasi.

saat ini fasilitas yang tersedia antara lain: toilet dan area parkir yang luas serta warung penjual makanan dan minuman.

Gedung I Ketut Maria berjarak 26 km dari Kota Denpasar sehingga diperlukan waktu sekitar 40 menit perjalanan untuk tiba disini.

Bali memiliki tari-tarian klasik dan kreasi yang sudah terkenal di mancanegara dan bila bila anda penggemar tarian yang sarat akan nilai budaya yang tinggi maka rasanya anda harus Liburan Bali dan datang ke Pulau Dewata ini untuk menyaksikan secara langsung berbagai jenis tarian tradisional masyarakat Bali.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*