Gaya Hidup / Traveling / Wisata Pulau Bali

Liburan Sambil Menyelam Di Tulamben Bali

Bali memiliki banyak spot menarik yang cocok untuk diving. Salah satu tempat diving populer yang banyak diminati oleh wisatawan adalah Tulamben Bali. Jaraknya kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan dari wilayah sanur.

Sesuai dengan namanya tempat ini terletak di kawasan wisata Tulamben yang terletak di Desa Tulamben, Kubu atau sekitar 104 km arah timur dari Denpasar. Tempat menyelam ini menjadi pilihan para pecinta diving karena merupakan lokasi di mana kapal Glo tenggelam sehingga membawa daya tarik tersendiri bagi para penyelam baik penyelam lokal maupun asing.

Kapal milik Serikat ini karam saat peristiwa Perang Dunia II pada tahun 1942. Letusan Gunung Agung membuat kapal yang karam ini semakin dalam dari permukaan air. Saat ini keberadaannya sekitar 9 sampai 30 meter di bawah air.

Kapal Liberty Glo ini panjangnya diperkirakan sekitar 120 m. Spot diving yang satu ini sangat cocok untuk penyelam pemula sampai penyelam profesional. Para penyelam dapat melihat berbagai perlengkapan dan fasilitas yang masih tersisa di kapal yang karam ini seperti toilet, senjata, dan rantai jangkar kapal. Interior di dalam kalam ini menjadi salah satu spot menyelam dengan kapal karam termudah di dunia.

Kehidupan bawah laut di sekitar kapal ini sangat beragam. Hal ini disebabkan karena di perairan ini terdapat banyak plankton. Plankton ikut terbawa dari kedua samudra terkenal yaitu Hindia dan juga Samudera Pasifik.

Bila sedang beruntung, penyelam juga dapat melihat hiu paus atau manta ray. Dengan dinding – dinding terumbu karang yang masih sangat terjaga, ikan – ikan kecil yang indah dapat hidup dengan damai dan berkembang biak di dalamnya.

Salah satu spot diving yang ada di Tulamben Bali adalah Taman Terumbu Karang atau Garden. Spot diving ini aliran airnya cukup tenang sehingga memungkinkan para penyelam untuk bersnorkeling ria di atas permukaan laut.

Berbagai macam anemon, ikan bayan, dan anglerfish dapat dilihat dengan mudah pada kedalaman 5 sampai 20 meter. Saat terbaik untuk berlibur dan menyelam di kawasan ini adalah antara bulan Juli sampai bulan Oktober di mana saat itu cuacanya bagus dan cerah sehingga para divers dapat memperoleh pengalaman yang maksimal.

Beberapa km di sebelah timur Tulamben Bali, terdapat banyak terumbu karang Amed. Amed dikenal dengan pasirnya yang berwarna hitam dan bersanding dengan air laut yang berwarna biru. Tulamen menjadi salah satu alternatif yang bagus jika Anda sudah bosan dengan kawasan Kuta yang riuh.

Aktivitas menyelam akan memberikan pengalaman yang berkesan dan tak akan terlupakan. Anda bisa melihat ikan – ikan dengan warna yang cantik berlalu lalang di sekitar Anda. Di sini ada beberapa paket menyelam yang ditawarkan sehingga Anda tinggal memilih paket yang sesuai dengan budget dan kemampuan Anda.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*